Tak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Luka Diabetes yang Benar

Sugeng rawuh Miconservativenews di Portal Ini!

Miconservativenews – Kencing manis atau biasa disebut kencing manis merupakan penyakit kronis dimana kadar gula (glukosa) darah berada di bawah normal, terjadi sewaktu-waktu dan dapat disertai dengan berbagai gejala. Tak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Luka Diabetes yang Benar

Hingga saat ini, penyakit diabetes tersembunyi di balik gaya hidup dan kebiasaan makan masyarakat Indonesia yang tidak sehat. Berbicara pada Kamis (20/10/2022), dr Ari Wibisono Sp.BP-RE dari Siloam Hospitals mengatakan tubuh menggunakan gula untuk energi, dan pengolahan gula darah membutuhkan insulin yang cukup untuk menghasilkan energi yang cukup. . Isu Kecurangan Pemilu Bisa Picu Gangguan Mental Peserta Pemilu dan Pendukung Fanatik

Gaya hidup dan konsumsi gula yang berlebihan serta faktor risiko tersebut dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi sehingga kadar insulin tidak mencukupi untuk mengubah gula menjadi energi, ujarnya. Pada akhirnya, hal itu memaksa pankreas bekerja lebih keras sebagai sumber insulin.

“Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, maka pada kondisi tertentu pankreas akan mengalami keadaan ‘kelelahan’. Akibatnya insulin tidak bekerja maksimal dan terlalu banyak gula yang tidak terserap. Selain itu, berdampak pada komplikasi pada tubuh. , penderita diabetes harus hati-hati dengan luka terbuka di kulit, terutama di kaki. Seharusnya begitu,” kata dr Ari Wibisono Sp.BP-RE.

Menurut Ari Wibisono, tukak diabetes adalah luka berbentuk luka terbuka yang muncul di telapak kaki penderita diabetes yang tidak terkontrol. Jika tidak diobati, ulkus kaki diabetik dapat terinfeksi dan menyebabkan komplikasi serius yang memerlukan amputasi.

Kabar baiknya, tukak diabetes masih bisa dicegah dan diobati tergantung pada luasnya tukak tersebut. Dengan perawatan luka yang tepat serta pemantauan gula darah dan gaya hidup sehat, tukak diabetes biasanya dapat diobati.

Menurut Ari, dokter spesialis bedah plastik estetika dan rekonstruktif, pengobatan ulkus diabetik yang optimal dapat dilakukan dengan berkonsultasi dengan dokter, salah satunya dapat menjelaskan luasnya ulkus diabetik dan cara pengobatannya.

Secara umum terjadinya borok pada kaki penderita diabetes disebabkan karena seringnya kedua kaki digunakan untuk bergerak/bergerak. Disfungsi akibat kerusakan saraf tepi pada penderita diabetes menyebabkan sensasi nyeri pada kaki berkurang, sehingga berpotensi terjadi infeksi dan infeksi jika terjadi luka pada kaki. Tak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Luka Diabetes yang Benar

“Perlu kita pahami bahwa dasar dari perawatan luka sederhana pada pasien diabetes adalah dengan membersihkan luka, kemudian mengeringkan dan melembabkannya, termasuk perawatan kuku, pembersihan, dan kompresi atau kompresi sepatu dengan kaus kaki dan pakaian di mana-mana,” kata Ari Wibisono. , peserta pendidikan 100. di depan

Prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati diabetes. Pantau kadar gula darah dan waspadai kadar terendah dan terendah. Kelola stres dengan cara yang sehat. Makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur, termasuk menghindari tembakau dan alkohol, adalah kunci menuju kesehatan yang baik. gaya hidup.- pungkas dr Ari Wibisono, Sp.BP-RE yang mendownload aplikasi MySiloam.